Virtualisasi Aplikasi dengan Evalaze


    Sobat Ruang Software mungkin pernah suatu kali ke luar kota kemudian ingin mengedit dokumen atau gambar di PC saudara atau temen tapi ternyata di PC tersebut tidak ada software pengolah dokumen atau gambar seperti Microsoft Office atau Adobe Photoshop. Nah daripada ribet install dan sebagainya, akan lebih praktis apabila kita membuat versi portabel dari aplikasi itu. Untuk membuat aplikasi yang portabel kita bisa menggunakan Evalaze. Evalaze adalah solusi untuk virtualisasi aplikasi. Evalaze didevelop sejak tahun 2009 oleh perusahaan Jerman bernama Dogel IT-Management yang bermarkas di Halle/Saale.

Software portabel yang dihasilkan dari Evalaze ukurannya relatif besar, hal ini wajar karena semua DLL dan file-file terkait dikemas dalam satu file exe. Untuk menjalankan aplikasi tersebut kita tinggal men-doubleclick file exe tersebut.

Berikut ini contoh aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat virtual-nya atau versi portabelnya. Coba bandingkan IrfanView installernya hanya 1.4Mb namun setelah dibuat versi portabelnya menjadi 13.8 Mb, Opera installer-nya 9.63Mb setelah dibuat versi portabel menjadi 37Mb. Relatif besar memang tapi keuntungannya ya portabel karena tidak perlu install-install.


Kebutuhan Sistem

Evalaze membutuhkan .NET 2.0 dan dapat dijalankan pada OS dan aplikasi berikut :
  • Platform 32bit Windows XP, Windows 2003 Server, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7
  • Platform 64bit termasuk Windows XP 64bit, Windows 2003 64bit, Windows Vista 64bit, Windows7 64bit
  • Windows Server 2008 64bit, Windows Server 2008 R2 64bit, Windows 7 64bit
  • Aplikasi 16bit yang berjalan pada platform Windows 32bit
  • Aplikasi 32bit yang berjalan pada platform Windows 32bit dan 64bit
OS dan aplikasi berikut yang belum didukung oleh Evalaze :
  • Platform 16bit atau -x86 seperti Windows CE
  • Aplikasi 64bit pada OS Windows 32bit atau 64bit
  • Aplikasi 16bit pada OS Windows 64bit

Tips Instalasi Evalaze

Dögel IT-Management selaku vendor pembuat Evalaze merekomendasikan agar menggunakan PC yang masih fresh atau baru diinstall untuk instalasi Evalaze, karena keadaan sistem dapat mempengaruhi proses virtualisasi aplikasi. PC yang baru diinstall itu bisa berupa PC sungguhan atau Vitual PC.
Untuk membuat Virtual PC kita bisa menggunakan software seperti Virtual Machine, Virtual PC, VMWare, dan sejenisnya.

Download

Ukuran file : 5.1 Mb
Versi : 1.0.0.4

Komentar

Postingan Populer